9 Sifat-Sifat Ciptaan (Makhluk) Allah

9 Sifat-Sifat Ciptaan (Makhluk) Allah

Semua yang ada di langit dan di bumi adalah ciptaan Allah SWT (makhluk), dan semua yang namanya makhluk pasti akan binasa, rusak dan mati. Sadarlah wahai saudaraku, janganlah kamu menyombongkan diri di dunia ini, karena pada akhirnya kita semua pasti akan kembali pada Allah SWT (mati).
 Semua yang ada di langit dan di bumi adalah ciptaan Allah SWT  9 Sifat-Sifat Ciptaan (Makhluk) Allah
Artikel ini tentang membahas tentang sifat-sifat ciptaan Allah, sebuah hasil renungan terhadap apa yang diciptakan Allah SWT mempunyai sifat sebagai berikut:

1. Semua yang diciptakan allah itu baik
2. Semua yang diciptakan allah itu lengkap
3. Semua yang diciptakan allah itu sempurna
Sebagaimana dijelaskan dalam Al Qur'an Surat Al Mulk: 2-4

الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَياةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلاً وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ (2) الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَماواتٍ طِباقاً مَا تَرى فِي خَلْقِ الرَّحْمنِ مِنْ تَفاوُتٍ فَارْجِعِ الْبَصَرَ هَلْ تَرى مِنْ فُطُورٍ (3) ثُمَّ ارْجِعِ الْبَصَرَ كَرَّتَيْنِ يَنْقَلِبْ إِلَيْكَ الْبَصَرُ خاسِئاً وَهُوَ حَسِيرٌ(4 

"Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa lagi Maha Pengampun(2) Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang(3) Kemudian pandanglah sekali lagi, niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itu pun dalam keadaan payah(4)"

4. Semua yang diciptakan allah itu bermanfaat
Sebagaimana dijelaskan dalam Al Qur'an Surat Ad-Dukhaan: 38
وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا لَاعِبِينَ

"Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya sia-sia".

5. Semua yang diciptakan allah itu dapat dipelajari
Sebagaimana dijelaskan dalam Al Qur'an Surat Al-jasiyah: 13
وَسَخَّرَ لَكُمْ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا مِنْهُ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ


"Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir".

6. Semua yang diciptakan allah itu tunduk dan patuh
وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مِنْ دَابَّةٍ وَالْمَلَائِكَةُ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ

"Dan kepada Allah sajalah bersujud segala apa yang berada di langit dan semua makhluk yang melata di bumi dan (juga) para ma]aikat, sedang mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri".

7. Semua yang diciptakan allah itu akan tua
8. Semua yang diciptakan allah itu akan rusak
9. Semua yang diciptakan allah itu akan mati
Sebagaimana dijelaskan dalam Al Qur'an Surat Al-Qashash: 88
وَلَا تَدْعُ مَعَ اللَّهِ إِلَٰهًا آخَرَ ۘ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۚ كُلُّ شَيْءٍ هَالِكٌ إِلَّا وَجْهَهُ ۚ لَهُ الْحُكْمُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

"Janganlah kamu sembah di samping (menyembah) Allah, tuhan apapun yang lain. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Tiap-tiap sesuatu pasti binasa (rusak, mati), kecuali Allah. Bagi-Nya-lah segala penentuan, dan hanya kepada-Nya-lah kamu dikembalikan".

Demikian  Sifat Sifat Ciptaan Allah, semoga menjadi sebuah renungan bagi kita semua, bahwa kita hidup di dunia tidaklah kekal, kita semua (makhluk yang ada di bumi dan langit) pada akhirnya akan rusak dan mati, semoga kita menjadi manusia yang khusnul khotimah pada akhirnya nanti, aamiin.

Sumber https://www.anekapendidikan.com/

0 Response to "9 Sifat-Sifat Ciptaan (Makhluk) Allah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel