MAKALAH PENDIDIKAN MENURUT KI HAJAR DEWANTARA

 

MAKALAH
PENDIDIKAN MENURUT KI HAJAR DEWANTARA

BAB I

PENDAHULUAN

A. PENGERTIAN


Penididikan merupakan suatu kegiatan yang bersifat umum bagi setiap manusia dimuka bumi ini. Pendidikan tidak terlepas dari segala kegiatan manusia. Dalam kondisi apapun manusia tidak dapat menolak efek dari penerapan pendidikan. Pendidikan diambil dari kata dasar didik, yang ditambah imbuhan menjadi mendidik. Mendidik berarti memlihara atau memberi latihan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. Dari pengertian ini didapat beberapa hal yang berhubungan dengan Pendidikan.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pendidikan adalah suatu usaha manusia untuk mengubah sikap dan tata laku seseorang atau sekolompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan. Pada hakikatnya pendidikan adalah usaha manusia untuk memanusiakan  manusia itu sendiri. Dalam penididkan terdapat dua subjek pokok yang saling berinteraksi. Kedua subjek itu adalah pendidik dan subjek didik. Subjek-subjek itu tidak harus selalu manusia, tetapi dapat berupa media atau alat-alat pendidikan. Sehingga pada pendidikan terjadi interaksi antara pendidik dengan subjek didik guna mencapai tujuan pendidikan.
Menurut wadah yang menyelenggarakan pendidikan, pendidikan dapat dibedakan menjadi pendidikan formal, informal dan nonformal.

B. JENIS PENDIDIKAN
Pendidikan formal adalah segala bentuk pendidikan atau pelatihan yang diberikan secara terorganisasi dan berjenjang, baik bersifat umum maupun bersifat khusus. Contohnya adalah pendidikan SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi negeri ataupun swasta. Pendidikan Informal dalah jenis pendidikan atau pelatihan yang terdapat di dalam keluarga atau masyarkat yang diselenggarakan tanpa ada organisasi tertentu(bukan organisasi). Pendidkan nonformal adalah segala bentuk pendidikan yan diberikan secara terorganisasi tetapi diluar wadah pendidikan formal.
Melihat dari berbagai aspek pendidikan yang ada saat ini, baik formal maupun non-formal bahwa betapa pentingnya hidup dengan pendidikan seperti yang ada di kota maupun di desa mulai mengalami pergeseran nilai, norma serta adat istiadat  yang tidak lagi dihiraukan oleh banyak orang apa yang menjadi acuan dasar yang seharusnya di lewati oleh seorang anak didik sejak kecil. Mungkin kita perlu kembali pada pedoman pendidikan yang telah dirumuskan oleh tokoh pendidikan kita yakni KI Hajar Dewantara. Setiap indifidu  merasa kehidupannya berubah, baik ekonomi maupun status sosialnya.
























BAB II

PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT
 KI HAJAR DEWANTARA

(Pengertian Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara) – Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia, 1889 – 1959) menjelaskan tentang pengertian pendidikan yaitu: “Pendidikan umumnya berarti daya upaya untuk memajukan budi pekerti ( karakter, kekuatan bathin), pikiran (intellect) dan jasmani anak-anak selaras dengan alam dan masyarakatnya”.

John Stuart Mill (filosof Inggris, 1806-1873 M) menjabarkan bahwa Pendidikan itu meliputi segala sesuatu yang dikerjakan oleh seseorang untuk dirinya atau yang dikerjakan oleh orang lain untuk dia, dengan tujuan mendekatkan dia kepada tingkat kesempurnaan.

Pendidikan, menurut H. Horne, adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada vtuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.

John Dewey, mengemukakan bahwa pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk untuk menghasilkan kesinambungan social. Proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok dimana dia hidup. http://www.diwarta.com/pengertian-pendidikan-menurut-ki-hajar-dewantara/773/


Pada makalah ini, akan dikaji hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan pemikiran KI Hajar Dewantara yang diselenggarakan di Indonesia termasuk filsafat pendidikan, konsep dasar pendidikan, aplikasi dan peranan   pendidikan menurut pemikiran KI Hajar Dewantara (Bapak pendidikan Indonesia).





































BAB III

FILSAFAT PENDIDIKAN MENURUT
KI DEWAN TARA

Karna pendidkan bagi setiap orang sangat penting unutk menjadi orang yang berakhlak mulia, bijaksana serta menjadi pemimpin yang membawa bangsa ini menjadi lebih baik. Seorang yang menjadi pemimpin sebaiknya memahami arti dari filosofi pendidikan itu sendiri. Karna tanpa pendidikan seseorang tidak bisa menjadi seorang pengajar atau pemimpin. Maka erat hubunganya dengan filosofi pendidikan menurut Bapak pendidikan kita sebagai berikut:
1. ING NGARSO SUNG TULODHO:
Seseoraang Pemimpin apabila didepan harus bisa memberi contoh atau menjadi panutan bagi yang dpimpin atau warganya atau peserta didiknya. Di sini kita diajak agar selalu memperhatikan di belakangnya jika sudah memiliki kekuatan. Aplikasinya bisa dalam keluarga, sekolah, masyarakat. Dan bahkan bagi yang duduk dalam bidang pemerintahan selalu memperhatikan rakyanya yang tertinggal tanpa mementingkan kepentingan sendiri. Demikian juga di bidang pendidikan agar melihat anak-anak yang kurang mampu akan di beri tunjangan dengan memberi kesempatan untuk duduk di bangku sekolah.
2. ING MADYO MANGUN KARSO:
 Seorang Pemimpin apabila berada ditengah tengah masyarakat harus bisa membangkitkan semangat atau memberi motivasi supaya lebih maju, atau lebih baik. Dalam hal ini kita sebagai masyarakat yang menjadi pusat pendorong setiap kita yang sedang maju tanpa menjatuhkan tetapi memberi dukungan morill atau materi jika ada. Karna seorang pemimpin yang maju tidak akan lupa kepada kita yang telah menjadi suadaranya saat dia mendapat dukungan dari sahabatnya.
3. TUT WURI HANDAYANI:
 Seorang Pemimpin apabila berada dibelakang harus bisa mendorong masyarakat/yang dipimpin supaya senantiasa lebih maju. Berbicara pemimpin yang berada di belakang, sebaiknya tidak melihat siapa yang akan didorongnya. Memberi dukungan bagi sesama tanpa memandang berbagai bentuk perbedaan suku, bahasa, budaya, pendidikan maupun kehidupan dalam status sosialnya dalam bermasyarakat.
http://bruderfic.or.id/h-59/
http://id.wikipedia.org/wiki/Dasar_Pendidikan
http://manajemendigilib.wordpress.com/2012/06/06/filosofis-pendidikan-ki-hadjar-dewantara/
http://penelitian.lppm.upi.edu/detil/1482/filsafat-pendidikan-ki-hadjar-  dewantararelevansinya-sebagai-teori-pendidikandan-implikasinya-terhadap-praktek-pendidikan-umumdalam-konteks-pendidikan-nasional;-oleh:-tatang-syaripudin.

0 Response to "MAKALAH PENDIDIKAN MENURUT KI HAJAR DEWANTARA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel