Bacaan Doa Setelah Shalat Dhuha

Doa Setelah Shalat Dhuha - Sholat dhuha adalah sunat yang banyak sekali manfaatnya. Selain memperbanyak amal baik, sholat dhuha juga berfungsi sebagai alat untuk membayar hutang kita kepada Alloh SWT. 
Hutang apa ? hutang atas nikmat alloh yang alloh berikan kepada kita setiap hari, setiap jam, setiap menit, dan setiap detik. Bukankah setiap detik kita bernafas menghirup udara segar yang dinamakan oksigen ? lalu dari mana oksigen itu jika bukan dari Alloh SWT. Begitu juga nikmat-nikmat Alloh yang lainnya seperti nikmat mata, nikmat sehat, dan nikmat nikmat lainnya. 
Didalam satu hadits dikatakan: 
بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ ، وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ ، وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى  رواه مسلم
Artinya:
Pada setiap persendian kalian harus dikeluarkan sedekahnya setiap pagi; Setiap tasbih (membaca subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (membaca Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (membaca Lailaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (membaca Allahu Akbar) adalah sedekah, amar bil ma'ruf adalah sedekah, nahi ‘anil munkar adalah sedekah. Semua itu dapat terpenuhi dengan (shalat) dua rakaat yang dilakukan di waktu Dhuha. (HR. Muslim, no. 1181)

Doa Setelah Sholat Dhuha

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innadh dhuha-a dhuha-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. allahuma inkaana rizqi fis samma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’asaran fayassirhu, wainkaana haraaman fathahhirhu, wa inkaana ba’idan fa qaribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatini maa ataita ‘ibadikash shalihin.

Artinya yaitu:
“Ya Alloh, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Alloh, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Waktu Sholat Dhuha

Waktu sholat dhuha adalah pagi hari menjelang siang. Dalam salah satu hadits yang menerangkan tentang waktu sholat dhuha digambarkan bahwa waktu yang pas untuk melaksanakan sholat dhuha adalah disaat anak anak unta merasa panas, artinya ketika panas terasa mulai menyengat.
 Dari Zaid bin Arqam ra bahwa Rasulullah saw bersabda; 
“Shalat  Awwabin  (Shalat  Dhuha)  itu  ketika  anak-anak unta merasa panas.” 

Jumlah Rokaat Sholat Dhuha

Menurut hadits yang shohih, jumlah rokaat sholat dhuha minimal adalah 2 dan maksimal adalah 8. Walaupun sebenarnya ada hadits yang menerangkan bahwa sholat dhuha 12 rokaat, tapi hadits tersebut lemah.
Hadits dari Abu Dzar ra dari Nabi saw bersabda; 
”Dan  itu  semua  dapat  dicukupi  dengan  2  rakaat dari shalat Dhuha yang ia laksanakan.”
Diriwayatkan dari Aisyah, ia berkata; 
“Rasulullah saw biasanya  shalat  Dhuha  4  rakaat  dan menambah seperti yang dikehendaki Allah.”
Hadits Anas bin Malik ra: 
“Sesungguhnya  Nabi saw mengerjakan  Shalat  Dhuha  6 rakaat.”
Dari Aisyah, ia berkata; 
“Rasulullah saw masuk  ke  rumahku,  kemudian  beliau shalat Dhuha 8 rakaat.”
Demikianlah Pembasan mengenai Doa Setelah Shalat Dhuha yang dapat admin sampaikan mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangannya.Semoga bermanfaat ,,,

0 Response to "Bacaan Doa Setelah Shalat Dhuha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel