Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Baik dan Baik

Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Baik dan Baik - Daftar riwayat hidup biasanya diperlukan oleh seseorang ketika akan lamaran kerja ke sebuah perusahaan. Belakangan ini, penggunaan CV ataupun daftar riwayat hidup sangat penting keberadaannya, karena memiliki persentase yang cukup besar dalam hal penerimaan kerja di instansi. Baik itu CV yang diketik ataupun hasil tulis tangan harus dikerjakan secara maksimal. Memang kini persaingan dunia kerja semakin ketat, meskipun perusahaan yang menerima lowongan kerja baru sangat banyak, tetapi bukan berarti itu hal mudah, karena harus memenuhi beberapa persyaratan yang sudah diwajibkan oleh instansi tersebut, misalnya harus bergelar minimal S1 atau memiliki pengalaman kerja di bidang itu minimal 2 tahun, dan lain sebagainya.

Dalam pembuatan riwayat hidup yang baik dan benar sebenarnya sangat mudah asalkan anda mengetahui unsur yang terkandung didalamnya. Terkadang banyak orang yang sering melakukan kesalahan dalam pembuata daftar riwayat hidup karena hal sepele, entah itu kurangnya informasi atau karena memang malas untuk membuat daftar riwayat hidup. Jadi dengan anda melihat Contoh Daftar Riwayat Hidup disini, akan memudahkan dalam pembuatannya secara rapi dan lengkap pastinya. Ikuti setiap panduan dan runtutanya agar menjadikan daftar riwayat hidup lebih sempurna. Memang tak diharuskan membuatnya secara sembarangan karena di setiap perusahaan biasanya ada beberapa format tertentu yang mengharuskan anda menyesuaikan format daftar riwayat hidup anda. Mungkin disini hanyalah sebagai contoh untuk dikembangkan sendiri, anda tidak harus bingung dalam membuatnya tapi minimal ada gambaran detail mengenai isi daftar riwayat hidup itu sendiri.

Pengertian daftar riwayat hidup 

Daftar riwayat hidup adalah suatu keterangan jati diri yang bersifat promosi kepada perusahaan maupun instansi yang inggin di lamar karena persyaratan melampirkan Daftar riwayat hidup mutlak harus dilakukan. Surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup adalah kesatuan yang tidak dapat di pisahkan.

Isi dari daftar riwayat hidup adalah keterangan pribadi serta latar belakang pendidikan baik formal maupun non formal. Dengan adanya daftar riwayat hidup maka perusahaan dapat mengetahui tentang si pelamar tersebut. Serta perusahaan atau instansi dapat menindak lanjuti terhadap surat lamaran tersebut. Apakah si pelamar akan di panggil atau tidak untuk wawancara karena surat lamaran dan dafar riwayat hidup sangat berpengaruh dalam menarik simpati perusahaan atau instansi.

Sehingga dalam membuat daftar riwayat hidup harus benar benar sesuai dengan adanya jati diri si pelamar, jangan di jadikan sebagai gagahan semata, karena berdasarkan daftar riwayat hidup itulah perusahaan akan mengetahui tentang jati diri pelamar.

Tips & Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja

  1. Usahakan panjang maksimal dari Daftar Riwayat Hidup yang akan dibuat hanya 3 sampai 4 Halaman.
  2. Buatlah CV riwayat hidup yang mudah dibaca dan mudah dipahami.
  3. Cantumkanlah foto terbaru Anda dan usahakan berpakaian formal namun dengan mimik wajah yang rilex (dengan senyum misalnya).
  4. Jangan menulis pengalaman yang tidak penting untuk disebutkan, misalkan anda melamar pada bidang Perbankan Anda tidak perlu mencantumkan pengalaman menjuarai perlombaan menggambar.
  5. Tulislah training yang pernah Anda ikuti namun cukup training yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang sesuai dengan pelamaran Anda ke instansi.
  6. Tulislah kompetensi lain yang menunjang pekerjaan.
  7. Dan yang terakhir berusahalah sejujur jujurnya dalam membuat Daftar Riwayat Hidup, jangan pernah mencoba memanipulasi CV.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Data Pribadi :
Nama                                :Zafran Al Hakim
Tempat, Tanggal Lahir     : Tasikmalaya, 5 November 1982
Jenis Kelamin                   : Perempuan
Agama                              : Islam
Kewarganegaraan             : Indonesia
Alamat                              : Jl.Jamanis No 007 lawang tonjong
Telepon                             : 0813 6464 8915
Latar belakang Pendidikan
Formal
1996 - 1999 : SMPN 17 Tasikmalaya
1999 - 2002 : SMK 2Tasikmalaya
2002 - 2005 : LP3I Tasikmalaya
Non Formal
1999 - 1999 : Kursus Komputer di Bina Informatika Tasikmalaya
1999 - 2000 : Kursus Bahasa Inggris di LIA Tasikmalaya
2002 - 2003 : Kursus Akuntansi di Lembaga PAPP
Kemampuan
Kemampuan Akuntansi (Accounting) dan Administrasi. Journal printing & Calculation, Ledger, Salary Calculation, Project Data Updating, Teller, Petty Cash Payroll & Calculation, Inventory Controls)
Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook dan Internet)
Memahami Sistem Perpajakan
Pengalaman Kerja
Praktek Kerja Lapangan:
Praktek Kerja di  : PT Astra Tasikmalaya
Periode                : April 2000 - Juni 2001 
Tujuan                 : Persyaratan kelulusan SMK 2 Tasikmalaya
Posisi                   : Administrasi
Rincian Pekerjaan:
- Mengupdate data konsumen
- Mengatur jadwal pertemuan dengan konsumen
- Menyiapkan surat-surat pernawaran untuk konsumen
- Menyiapkan tagihan
Bekerja di PT. Andess Coklat Mandiri Sejahtera Tasikmalaya
Periode       : Januari 2002 - Mei 2007
Status          : Karyawan Tetap
Posisi          : Staf Finance
Rincian pekerjaan :
- Melakukan surat menyurat bisnis
- Menerbitkan dan menerima faktur dari pemasok
- Mengelola kas kecil
- Mengontrol persediaan peralatan kantor
- Penggajian (payroll)
Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.
       Tasikmalaya, 10 Maret 2016

Zafran Al Hakim


DAFTAR RIWAYAT HIDUP


DATA PRIBADI
Nama Lengkap                       : Mukhlis Hadi Saifullah
Tempat, Tanggal Lahir            : Jakarta, 11 April 1989
Jenis Kelamin                         : Laki-Laki
Kewarganegaraan                   : Indonesia
Agama                                   : Islam
Status                                     : Belum Menikah
Alamat                                   : Dusun Tarakan No. 1 RT 03 RW 04 Jakarta 44171
No. Telpon                              : 0087899999656
Email                                     : santoso11092@ymail.com


PENDIDIKAN FORMAL
1. SD Negeri 1 Jakarta : Tahun 1996 - 2002
2. SMP Negeri 1 Jakarta : Tahun 2002 - 2005
3. SMK Negeri 1 Jakarta : Tahun 2005 - 2008
4. S1 Fakultas Programing Universitas Indonesia : Tahun 2008 - 2012

PENDIDIKAN INFORMAL
1. Kursus Komputer dan Jaringan di Jakarta : Tahun 2009
2. Kursus Progamming di Jakarta Progammer : Tahun 2010
3. Basic Language English di Jakarta : Tahun 2011

RIWAYAT PEKERJAAN
1. Progamming di PT. Jaya Makmur, Jakarta : Tahun 2012 - 2013
2. Manager Progamming PT. Sumber Waras, Jakarta : Tahun 2013 - 2014
Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.


Jakarta, 1 Januari 2016

Mukhlis Hadi Saifullah

 DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Data Pribadi
Nama : Almira Natasya Sabrina
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 5 Agustus 1984
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat : Jl. Gunung Batu No. 20 16970
Telepon : 0251-1111111 (Rumah)
021-54xxxxx (Kantor)
0851712xxxxx (HP)

Latarbelakang Pendidikan
Formal
1991 – 1994 : SMP Negeri 7 Bogor
1994 – 1997 : SMAN 1 Bogor
1997 – 2001 : Sekolah Tinggi Administrasi Indonesia, Jakarta
Non Formal
1994 – 1996 : Kursus Komputer di IT Dinamika Solutions, Jakarta
1996 – 1997 : Kursus Bahasa Inggris di EF Course, Jakarta
2003 – 2003 : Kursus Pajak (Brevet A & B)
Kemampuan
1. Kemampuan Akuntansi dan Administrasi (Accounting & Administration Skills) Journal printing & Calculation, Ledger, Project Data Updating, Teller, Salary Calculation, Petty Cash Payroll & Calculation, Inventory Controls)
2. Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook dan Internet)
3. Sistem Perpajakan

Pengalaman Kerja
1. Praktek Kerja Lapangan:
Praktek Kerja di PT. Ajudan Nusantara, Jakarta
Periode : Mei 1997 - Agustus 1997
Tujuan : Persyaratan kelulusan SMEA 804 Jakarta
Posisi : Operator Administrasi
Rincian Pekerjaan:
- Mengupdate data konsumen
- Mengatur jadwal pertemuan dengan konsumen
- Menyiapkan surat-surat pernawaran untuk konsumen
- Menyiapkan tagihan

2. Bekerja di PT. Laksana Smansa Jaya, Jakarta
Periode : Juni 2002 - Juli 2005
Status : Karyawan Tetap
Posisi : Staf bagian Finance
Rincian pekerjaan :
  • Mengelola kas kecil perusahaan.
  • Melakukan surat menyurat untuk bisnis yang dijalani perusahaan.
  • Mengontrol persediaan peralatan kantor.
  • Menerbitkan dan menerima faktur dari pemasok.
  • Penggajian (payroll).
Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dapat dipertanggungjawabkan.
Hormat Saya, 

Almira Natasya Sabrina
Demikinlah informasi mengenai Daftar Riwayat Hidup yang admin sampaikan pada kesempatan kali ini.. Semoga Bermanfaat dan menjadi referensi untuk pembuatan Daftar Riwayat Hidup.

0 Response to "Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Baik dan Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel